Tuesday 19 October 2021

Duit Badak, Telok & Maulid Nabi

Foto By ; Bukalapak
"Dapet berapo kau jok ? " Tanyoku ke kawan tu.
"300 jok" Uji nyo sambil ngibaske duit merah begambar badak.
"Kau jok dapet berapo? " Tanyoku kekawan di sebelahnyo yang dari tadi tesenge bae.
"200 jok" Sambil nunjuki duit nyo samo telok ayam rebus dalam sangkek anyam.

Hasil rebutan pas sebelum bacoan mahalul qiayam saat perayoan maulid nabi di langgar tadi, salah sikok yang buat kami jadi semangat. Kalau telok dalam anyaman sangkek di bageke sikok-sikok pas selesai acara maulid, telok nyo samo yang cak ado di acara marhaba terkadang di buat warno warni, tapi kalau duit ini harus berebut kadang samo wong tuo bangko nak melok-melok berebut jugo.

Benang yang di gantungi bungo-bungo panjang yang biaso di beli oleh wong yang nak ziarah kubur, kali ini di necisi jugo dengan duit seratus piah begambar badak bewarno merah di setiap kembang nyo jadi nambah siru bae maulid nabi tahun ini.

Seiring waktu baru tau kalau hal ini merupakan salah sikok bentuk dari caro yg di buat oleh ulama di Palembang menarik minat anak-anak biar galak ke masjid, langgar atau musolah, terutamo saat peringatan hari besak cak maulid nabi hari ini.

Sampe kalau maulid jugo ado makannyo jugo baek yg di siapke dari masjid atau langgar ataupun sumbangan dari warga yg di makan bersamo-samo saat habis acara.

Di Palembang dewek tekenal dengan maulid arbain nyo (40 malam) berturut-turut yang sudah ado sejak awal 90-an. Di susul jugo dengan maulid isyrin (20 malam), di tambah lagi maulid yg di gaweke di masjid, langgar atau musolah yg ado di kota ini. Tradisi peringatan maulid jugo bemacem-macem, yg intinyo cak mano biar biso nunjuke ke cintoan mereka ke nabi Muhammad SAW.

Serempak kawan tu jingok ke kulo, "kau dapat berapo jok? ' tanyo kawan-kawan tu sambi njelit.
"Iyo, Jok jangan kau bae yang bertanyo"uji kawan tu lagi

Raso nak nangis jawabyo, " Cuma telok bae jok.. Pas nak berebut di julaki kakak-kakak itu nah" Sambil nak tenangis nunjuki telok yang renyek kareno tetindih badan pas keno julaki.

"Badan kau bae jok besak... tapi loyo" uji kawan beduo tu sambil ngakak.
" Tenang bae kau ku jajanin pisang bik Dijut samo es hoya tapi 50 piah bae jok jangan banyak igo"uji kawan yg dapat 300 piah tadi.

Aku cuma pacak tesenge bae, berijolah dio nak ngatoi kareno es hoya dan pisang bik Dijut..sdh di depan mato.

----
"Jika Bukan Karena Engkau Wahai Muhammad Tidak Akan Aku Ciptakan Alam Semesta Ini" (Hadist Qudsi)

7 comments:

dian onasis said...

saya pernah meneliti masalah ini pak dody.
bukan mempatenkan .. tapi tepatnya mendaftarkan hak rahasia dagang atas resepnya, karena kalau paten, itu terkait invensi dan tehnologi.
tapi ada satu kendala khususnya, yakni ternyata pempek itu juga berasal dari makanan tradisional orang china sana... jadi membingungkan juga ... ^_^

anyway.. para wartawan kudu training ttg haki deh.. soalnya statement ttg "hak paten" ini perlu diluruskan...

redha herdianto said...

masa sih? makanan apa yg sama dengan di China sana.

btw setelah sekian lama menghilang kini pak Dody hadir lagi, selamat

Wahyudi Supriyono said...

Salut deh, sama Palembang.. Memang di negara lain ada pempek ya? Hehehehe... Di OZ juga ada, ding.. Hehehehe

eriska helmi said...

memang sih sejarah pempek tak lepas dari tangan warga keturunan.tapi pempek kan sudah mendarah daging dalam komunitas palembang.pantaslah disebut warisan kuliner kita.

Ramdan Panigoro said...

Keberadaan org Tionghoa di negeri ini memang selalu menarik, mereka telah menyumbang kekayaan budaya kita juga, termasuk Pempek. Kalo sy perhatikan di daerah Kedoya & sekitarnya di Jakarta Barat, banyak sekali penjual Pempek yang adalah keturunan Tionghoa, sepertinya Pempek ini memang diciptakan oleh Komunias Tionghoa di Palembang ya?

Mengenai asal-muasal, akan lebih bagus lagi kalau bisa ditelusuri sejarah terciptanya pempek. mudah2an ada pihak yg bisa mendokumentasikan asal-muasal pempek. Mungkin suatu saat akan ada buku mengenai hal ini?

Ramdan Panigoro said...

dari:
http://kangzusi.com/Resep%20Makanan/Sejarah_Pempek.htm

Sedikit Sejarah Pempek (empek-empek)

Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama pempek atau empek-empek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai pempek atau empek-empek.

Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.

Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah.

imuth _luthu said...

bang dodi maafin lahir batin ya... mau dunk mpek mpek na